Bagi kalian yang suka nonton sepak bola, terutama pecinta Liga Inggris pasti sudah enggak  asing lagi denger istilah Boxing Day. Saat semua kompetisi di Eropa meliburkan diri untuk merayakan Natal, Liga Inggris justru tetap menggelar pertandingan yang dikenal dengan nama Boxing Day.

Hampir sebagian orang kalau ditanya apa sih Boxing Day itu, pasti akan jawab gini, ya boxing kan artinya tinju, nah tinju kan olahraga yang keras, jadi kata Boxing Day dipakai untuk menggambarkan beratnya Liga Inggris karena harus melakoni dua laga dalam waktu yang berdekatan.

Yah, masuk akal juga sih. Tapi kenapa harus dinamain Boxing Day, kenapa enggak Day Life, kalo ditanya kenapa ya karena jalanin hidup kayaknya lebih berat dari olahraga tinju deh, eaa eaa, curcol gitu.

Tapi bukan itu alasannya, Boxing Day itu ada sejarahnya lho ternyata. Istilah Boxing Day pertama kali dikenal pada abad ke-19, saat Inggris Raya berada di bawah pemerintahan Ratu Victoria.

Sumber: (istimewa)
Ilustrasi Boxing Day (istimewa).

Saat itu, pegawai atau kaum pekerja yang bekerja untuk keluarga kaya harus tetap melayani tuan besarnya di hari Natal, dan mereka baru mendapat libur di hari berikutnya.

Di hari itu, pekerja-pekerja tersebut akan mendapatkan hadiah dari majikannya dalam bentuk kotak (box) yang dibungkus rapi. Semenjak tradisi itu lah kemudian berkembang nama Boxing Day sebagai hari dimana orang-orang mendapatkan hadiah Natal.

Seperti dilansir worldsoccer.about, hadiah-hadiah yang diterima biasanya berupa uang, makanan, pakaian, makanan, atau buah-buahan. Tradisi Boxing Day di Inggris tetap dipertahankan sampai sekarang, termasuk menetapkan hari libur pada 26 Desember. Tapi, toko-toko tetap buka demi menjual barang-barang hadiah dengan harga diskon.

Terus kalau Liga Inggris hubungannya sama Boxing Day apa kalo gitu. Walaupun enggak memberikan hadiah, ternyata pertandingan sengaja digelar pada 26 Desember untuk menghibur para pekerja yang tetap masuk di hari Natal. Klub-klub Liga Inggris juga bertekad memenangi laga Boxing Day untuk memberikan hadiah bagi suporter mereka.

Suasana Menjelang Boxing Day (istimewa)
Suasana menjelang Boxing Day (istimewa).

Awalnya Football Association (FA) mengatur agar laga yang digelar di Boxing Day tidak mempertemukan dua tim yang lokasinya berjauhan. Ini dilakukan supaya fans tim tamu tidak diberatkan dengan jarak.

Enggak hanya itu aja, enggak jarang tim sepakbola di Inggris harus bermain dalam waktu yang berdekatan di periode Boxing Day. Misalnya, bertanding di hari Jumat dan Minggu. Oleh karena itu, cukup sering Boxing Day menghadirkan laga derby.

Jadi gitu loh ternyata sejarah Boxing Day, udah pada tahu semua kan sekarang. Lumayan lah ya artikelnya, bisa bantu kalian show off ala-ala sok paham sejarah gitu, apalagi di depan gebetan atau pacar.