Masih dalam minggu pertama bulan September, namun rasanya pikiran sudah sangat penat dengan berbagai macam pekerjaan. Tumpukan tugas yang serasa tidak ada habisnya. Ingin rasanya segera hari Jumat dan menghabiskan weekend untuk sejenak mengusir penat yang ada. Wisata alam menjadi salah satu cara yang ampuh untuk refreshing. Melepas beban sejenak. Menikmati keindahan alam sekaligus menghabiskan waktu bersama sahabat, kekasih ataupun keluarga.

Bandung memiliki beragam tempat wisata dengan pesona yang luar biasa. Tidak hanya wisata kulinernya yang lezat, Bandung juga memiliki beragam wisata alam yang sangat cocok menjadi tempat quality time dengan orang-orang tersayang. Berikut ini rekomendasi tujuh tempat wisata di Bandung yang sangat worth it untuk mengusir penat, yuk check it out!

1. Kawah Putih Ciwidey

Terletak sekitar 50 km di selatan Bandung, tepatnya di Jl. Raya Soreang, Ciwidey, membuat Kawah Ciwidey menjadi tempat wisata alam yang begitu popular dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan, lokal ataupun mancanegara. Kawah putih ini merupakan sebuah kawah vulkanik dengan batu berwarna putih. Bau belerang tercium saat berada di kawasan wisata ini. Bebatuan berwarna putih tersebut mengandung belerang.

Photo credits: static.initempatwisata.com

Terdapat banyak spot yang menarik untuk diabadikan. Pun para pengunjung bisa berfoto dengan bebas sesuai selera hati. Uniknya air kawah sebening kristal dan berubah warna sesuai dengan kondisi cuaca. Di tepi danaunya pun terdapat pasir yang begitu putih sehingga menjadikan semuanya serba putih.

Photo credits: gravity-adventure.com

Beberapa fasilitas penunjang terdapat di kawasan wisata Kawah Putih untuk memudahkan pengunjung, seperti toilet, tempat parkir serta banyak kedai-kedai makanan. Tempat wisata Kawah Putih ini dibuka mulai dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau yaitu sebesar 18.000 rupiah per orang.

2. Tebing Keraton

Tidak perlu merogoh kocek dalam untuk menikmati indahnya wisata Tebing Keraton. Cukup membayar tiket masuk sebesarRp 11.000 bisa menikmati sejuknya udara sekitar dan jelas bebas dari polusi. Pun Tebing Keraton menawarkan banyak tempat menarik untuk mengambil foto. Tebing Keraton berada di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, sehingga dari atas tebing pengunjung bisa menikmati hamparan taman hutan raya yang hijau dan sejuk dipandang.

Photo credits: kesiniaja.com

Pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbit yang sangat indah dari atas Tebing Keraton. Menikmati indahnya mentari pagi yang muncul dari balik bukit di sebelah timur Tebing Keraton. Istimewa banget ya!

3. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut menawarkan keindahan danau yang begitu jernih dan dikelilingi oleh perbukitan batu serta hijau rimbun pepohonan. Begitu asri dan sejuk. Belum banyak yang tahu mengenai wisata alam satu ini. Sanghyang Heuleut berlokasi di Kecamatan Rajamanda Kulon, Cipatat daerah Bandung bagian barat.

Photo credits: blog.jpnn.com

Para pengunjung bisa sepuasnya berenang di danau ataupun berkemah sembari menikmati keindahan alam sekitar. Hunting foto juga menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan ketika berkunjung di Sanghyang Heuleut ini. Pasti tidak akan menyesal berwisata ke Sanghyang Heuleut, pemandangannya sangat memesona dan lingkungan yang begitu menyejukkan. Such the best place to heal!

4. Danau Situ Patenggang

Wisata Danau Situ Patenggang berlokasi di Bandung bagian selatan dan berdekatan dengan wisata Kawah Putih Ciwidey. Jaraknya kira-kira sekitar 5 km. Danau Situ Patenggang terletak di dataran tinggi serta dikelilingi oleh hamparan luas perkebunan teh. Sejuk dan indah. Pengunjung dimanjakan oleh hijaunya pemandangan perkebunan teh.

Photo credits: pegipegi.com

Danau Situ Patenggang dapat dijangkau dengan menggunakan angkutan umum dari Terminal Leuwi Panjang Bandung – Ciwidey lalu kemudian diteruskan dengan menggunakan angkutan desa ke lokasi Situ Patenggang. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, penggunjung bisa melalui jalur Kopo – Soreang – Ciwidey dan Situ Patenggang. Harga tiket masuk ke danau Situ Patenggang sebesar Rp 18.000 orang. Wisata ini dilengkapi dengan fasilitas tempat parkir dan toilet umum. Terdapat juga villa untuk tempat menginap yang berada di pinggir danau Situ Patenggang.

5. Goa Pawon dan Stone Garden, Padalarang

Pesona Wisata Goa Pawon | Photo credits: i.pinimg.com

Bandung bagian Barat memiliki dua tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Goa Pawon dan Stone Garden. Berada di satu bukit yang sama membuat Goa Pawon dan Stone Garden dapat dicapai dengan mudah karena jarak keduanya pun relatif dekat. Goa Pawon berada di bagian bawah bukit sedangkan Stone Garden terletak di puncak bukit.

Photo credits: test.architium.com

Wisata Gowa Pawon berisi situs benda-benda purbakala, sedangkan taman batu berisi hamparan bebatuan yang sangat cantik dan terstruktur. Harga tiket masuk ke Goa Pawon sebesar 5500 rupiah dan Stone Garden sebesar 3000 rupiah. Bersahabat banget kan ya harganya.

6. Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan salah satu wisata favorit yang ada di Bandung bagian selatan. Situ Cileunca awalnya merupakan danau buatan seluas 1.400 ha. Seiring berkembangnya waktu, Situ Cileunca juga dilengkapi dengan kebun strawberry, kebun arbei dan juga rafting. Harga tiket masuk ke Situ Cileunca pun juga sangat murah, yaitu sebesar 2500 rupiah per orang. Apabila ingin menikmati keindahan danau lebih dekat, pengunjung bisa menyewa perahu dengan tarif 10.000 rupiah per orangnya.

Photo credits: sebandung.com

Pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dan memetik langsung buah strawberry dan arbei bisa membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang. Setelah memetik buah, selanjutnya ditimbang terlebih dahulu sebelum bisa dinikmati. Harga per kilo buah arbei sebesar 15.000-25.000 rupiah dan untuk strawberry sebesar 25.000 – 30.000 rupiah per kilonya. Asik banget ya bisa menikmati indahnya danau dan ditemani buah yang segar.

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan sering disebut juga dengan Sirah Cai Kahuripan atau Talaga Kahuripan. Termasuk wisata yang relatif baru di kawasan Bandung bagian barat. Sendang berarti mata air, geulis yang berarti cantik dan Kauhuripan berarti kehidupan. Mata air cantik yang menjadi sumber kehidupan. Begitu memesona menyuguhkan suasana alam yang sangat asri dan penuh kesegaran.

Photo credits: i.pinimg.com

Harga tiket untuk masuk ke Sendang Geulis Kahuripan sebesar Rp 10.000 per orang. Sedang Geulis Kahuripan dikelilingi oleh rimbunan pepohonan ditengah persawahan dan perbukitan. Pengunjung bisa berendam di sendang ini. Air yang jernih, dingin dan bersih bisa membuat tubuh menjadi kembali segar bugar. Ampuh sekali mengusir stress dan penat yang mendera.

Well, selamat mengusir penat dan selamat menikmati wisata alam di Bandung dengan harga bersahabat serta keindahan yang memesona!