Bagi kamu yang belum familiar dengan destinasi wisata di Malang, sekarang saatnya cari tahu lebih banyak! Malang sebenarnya memiliki banyak objek wisata alam, namun cenderung belum dikenal sebagai opsi destinasi wisata Indonesia, dibandingkan dengan destinasi lainnya yang sudah populer seperti Bali dan Nusa Tenggara. Padahal, hingga saat ini di Malang sudah banyak ditemukan obyek wisata alam yang sangat indah dan sudah dikenal di kalangan para pelancong. Bahkan dilaporkan oleh pemerintah setempat, kunjungan wisatawan terus meningkat sejak tahun 2015.

Untuk mencapai kebanyakan objek-objek wisata alam di Malang, biasanya harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dari kota, dan beberapa di antaranya bahkan belum  begitu ramai dikunjungi. Karena itu, tempat-tempat ini bisa dibilang sebagai ‘surga-surga tersembunyi’. Apa saja surga tersembunyi itu? Mari kita simak lima di antaranya berikut ini!

1.Pantai Tiga Warna

sumber: wisataterbaru.com

Kabupaten Malang bagian selatan memang sudah punya reputasi sebagai surganya pantai-pantai. Di antaranya pantai yang satu ini, yang terkenal dengan indahnya tiga warna gradasi yang tampak di tepi lautnya. Pantai ini juga merupakan wilayah konservasi, jadi ada beberapa aturan yang harus diikuti apabila ingin berkunjung. Aturan yang paling penting adalah soal sampah. Pengunjung tidak boleh meninggalkan sampah satupun selama berada di pantai dan harus mengumpulkan sendiri sampahnya. Petugas akan mengeceknya saat kita akan meninggalkan pantai dengan mencocokkan jumlah barang bawaan yang kita bawa dan dicatat saat akan masuk. Kamu juga harus membayar biaya guide sebesar Rp100.000 untuk setiap satu rombongan yang terdiri dari maksimal 10 orang. Yang bisa kamu lakukan di pantai ini, tentu, selain berfoto, bermain air dan berenang, juga snorkeling. Tersedia alat-alat untuk snorkeling dengan biaya sewa sebesar Rp 15.000 per orang.

Jalur yang diambil untuk sampai ke pantai yaitu dari arah Malang kota menuju arah ke Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina. Ketika sudah menemukan persimpangan antara Pantai Sendang Biru dan Goa Cina, ambil ke arah Pantai Goa Cina lalu ke Clungup Mangrove Conservation.

 

2. Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok

sumber: up2det.net

Masih tentang pantai, karena lagi-lagi Malang memang tidak bisa dilepaskan dengan keindahan pantai-pantainya yang tidak kalah dengan Bali. Ada lagi pantai yang unik dan wajib untuk dikunjungi yaitu Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok. Yang membuatnya unik adalah adanya air terjun di tepi pantai, karena itu disebut dengan banyu anjlok (bahasa jawa: air jatuh). Para pengunjung tak akan melewatkan untuk mandi di air terjun sekaligus berfoto dan bermain di pinggir pantai.

Untuk mencapai banyu anjlok ini kamu harus ke Pantai Lenggoksono terlebih dahulu. Lalu kamu bisa memilih untuk berjalan kaki atau naik perahu untuk sampai ke pantai dan air terjun Banyu Anjlok. Jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 3 km, menyusuri kebun dan hutan yang berkelok-kelok dan tidak rata medannya. Kalau naik perahu, satu perahu dikenakan biaya Rp 100.000. Dari Kota Malang, jalur yang diambil untuk sampai ke pantai Lenggoksono yaitu bisa melalui Turen, Dampit, lalu ke selatan sampai ke daerah Tirtoharjo.

 

3. Pantai Sendiki

sumber: trevelsia.com

Di antara banyak pantai di Malang, Pantai Sendiki merupakan salah satu pantai yang baru dibuka untuk umum. Namun pantai ini sudah banyak menyita perhatian wisatawan, karena keindahan warna pasirnya yang putih bersih bertemu dengan birunya warna air laut yang menerpa pasir itu. Pemandangan pantainya yang lapang dan panjang, membuatnya makin mengesankan. Kamu juga mencoba asyiknya bermain ayunan yang ada di tepi pantai dan berfoto di sana.

Untuk mencapai keindahan Pantai Sendiki, lagi-lagi jalan yang diambil tidak mudah. Kamu harus mencapai Pantai Tamban terlebih dahulu, lalu berjalan kaki 2 km untuk mencapai Pantai Sendiki. Jalur yang diambil untuk ke pantai sendiki adalah dari Kota Malang, menuju Bululawang, Turen, lalu ke Sumbermanjing Wetan dan menuju Pantai Tamban.

 

4. Air Terjun Coban Tundo

sumber: ayosebarkan.com

Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang tergolong baru. Keindahan air terjun ini terletak pada tebing batu yang menjadi dindingnya. Di sana juga terdapat tempat untuk berenang yang cukup luas dan jernih airnya. Suasana yang alami dan teduh ini cocok sekali untuk menyegarkan pikiran sekaligus mengagumi kehebatan alam. Meski dorongan untuk berenang dan bermain air sangat tinggi ketika kamu berada di Coban Tundo, tetap harus hati-hati agar tidak tenggelam atau terseret arus, ya.

Untuk mencapai Coban Tundo, kamu bisa mengambil jalur ke arah Sumbermanjing Wetan dan mengikuti arah ke Pantai Sendangbiru. Jalan yang harus dilalui setelah sampai di area parkir cukup sempit sehingga mobil tidak akan bisa lewat. Jika mengendarai sepeda motor, masih bisa mengendarainya sampai ke area parkir sepeda motor, lalu berjalan sekitar 5 menit menuju lokasi air terjun.

 

5. Sumber Sirah

sumber: lihat.co.id

Apakah kamu sudah pernah mengunjungi wisata sumber air? Jika belum, Sumber Sirah adalah pilihan yang tepat.  Sumber Sirah pada dasarnya adalah sumber mata air yang biasa dimanfaatkan oleh warga untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan mencuci, juga irigasi. Sumber Sirah ini menyerupai kolam renang yang alami, jadi kamu bisa berenang dan menikmati indahnya pemandangan bawah air, di mana banyak sejenis tumbuhan ganggang dan ikan-ikan yang berenang, tapi harus hati-hati supaya tidak merusak kekayaan alam bawah air tersebut. Pohon-pohon besar yang mengelilingi kolam ini juga membuat suasananya tenang, teduh, dan cocok untuk relaksasi.

Sumber Sirah terletak di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Untuk mencapainya, kamu bisa melewati rute dari Kota Malang lewat Bululawang, atau lewat Kepanjen lalu Gondanglegi.

Semua destinasi wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi dan tidak mengeluarkan banyak biaya, apalagi kamu pergi ramai-ramai bersama teman-teman dan keluargamu. Bisa jadi pertimbangan yang layak untuk tujuan liburan yang menyenangkan namun tetap low budget, bukan?