Jogja Istimewa, sesuai dengan namanya  “Daerah Istimewa Yogyakarta”. Menawarkan beragam pesona yang membuat jogja semakin spesial dan penuh rindu. Jogja selalu memberikan banyak kenangan bersama asa, cita dan kadang juga cinta. Beragam tempat wisata membawa Jogja kian mendunia. Pun keindahan matahari terbit di Candi Borobudur menjadi golden moment yang diburu banyak orang.

Keunikan Jogja semakin terpancar dengan mulai berkembangnya beragam tempat wisata baru di Jogja. Masyarakat di Jogja semakin paham potensi daerahnya dengan memberikan sentuhan kreatifitas yang dimiliki. Salah satunya dilakukan oleh warga Sambirejo Prambanan, Sleman, Jogjakarta. Warga bersuka cita menyulap lahan bekas tambang batu kapur breksi menjadi tempat wisata yang begitu potensial dan menarik wisatwan baik lokal ataupun mancanegara.  Berikut ini lima fakta menarik dari keistimewaan wisata Tebing Breksi Jogja:

1. Lahan Tambang Disulap Menjadi Tempat Wisata yang Memesona

Uniknya ukiran di dinding Tebing Breksi                    credits photo: https://bonvoyagejogja.com

Tebing Breksi Jogja, begitu warga menyebutnya. Wisata baru Jogja yang dulunya digunakan oleh warga sekitar untuk menambang batu alam jenis batu kapur breksi. Namun, aktivitas tambang berhenti setelah terbit larangan untuk tidak melakukan pertambangan pada tahun 2014 akibat ditemukannya fakta terdapat gunung Api Purba Nglanggeran. Alhasil kawasan tambang tersebut menjadi kawasan cagar budaya yang harus dilestarikan.

Kawasan cagar budaya tidak hanya tebing breksi saja, namun juga kawasan tebing di sekitarnya termasuk kompleks Candi Ijo dengan pemandangan sunset yang sungguh istimewa. Hebatnya, warga sekitar tidak kehilangan akal dan justru menyulap lahan bekas tambang yang ada menjadi tempat wisata yang memesona. Beragam guratan-guratan di tebing breksi memberikan keunikan tersendiri. Begitu artistik.

2. Beragam Tempat Wisata Ada Di Sekitar Tebing Breksi

Berkunjung ke Tebing Breksi ibarat sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Lokasi strategis Tebing Breksi membuat pengunjung bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya yang berada dalam jarak tidak terlalu jauh. Tempat wisata yang dekat dengan lokasi Tebing Breksi, antara lain Candi Ijo (0,7 km dari Tebing Breksi), Candi Prambanan (3,7 km dari Tebing Breksi), Candi Ratu Boko (2,3 km dari Tebing Breksi), dan Candi Kalasan (4,0 km dari Tebing Breksi).

3. Menikmati Kelap-Kelip Jogja di Malam Hari

Melihat kelap-kelip Jogja di Malam hari dari atas Tebing Breksi bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat. Menikmati malam sembari bercengkerama dengan kekasih atau keluarga. Pun menjadi tempat paling strategis untuk merenung. What a worth time to spend!

4. Banyak Tempat Foto yang Menarik dan Tentunya Instagrammable

Tebing Breksi kian dipadati oleh pengunjung setiap harinya. Saat ini dinding tebing dipahat oleh seniman membentuk karakter-karakter pewayangan yang sangat melambangkan sejarah budaya Indonesia. Keunikan pahatan di dinging-dinding tebing menjadi daya tarik untuk tempat berfoto yang apik. Pun hasil fotonya begitu memuaskan. Tagar #tebingbreksi mencapai lebih dari 57 ribu post di instagram.

5. Menikmati Pesona Matahari Terbenam dari Atas Tebing Breksi

Tebing Breksi Saat Senja                                          credits photo: http://backpackerjakarta.com

Tidak hanya guratan indah di dinding-dinding tebing yang menjadi daya tarik Tebing Breksi, terdapat pula tangga batu yang telah dibuat oleh warga sekitar untuk menikmati pemandangan dari atas tebing. Istimewanya pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam dan juga Gunung Merapi yang sangat indah apalagi ketika cuaca sedang cerah. Senja dari Tebing Breksi yang begitu memesona.

Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk memasuki wisata Tebing Breksi. Hanya membayar tarif parkir bagi yang membawa kendaraan. Tarifnya pun sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sementara itu, rute untuk menuju Tebing Breksi cukup menanjak tajam. Jadi, usahakan pengunjung memperhatikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Beberapa jalan masih ada yang kurang bagus karena dulunya digunakan untuk lalu lalang truk pengangkut hasil tambang.

Perjalanan menuju Tebing Breksi sangat sebanding dengan kesempatan untuk bisa menikmati pesona Tebing Breksi. Let’s mark your date and visit Breccia Cliffs!