Hubungan antara apa yang kita makan dengan keadaan emosi yang kita rasakan itu selalu relevan. Sering kali ide tersebut juga berkelindan dalam karya sastra. Penulis-penulis besar telah menyediakan para pembaca gambaran nyata dan jelas akan makanan yang dilahap karakternya. Dari semangkuk bubur hambar yang menyedihkan pada Oliver Twist hingga pesta kebun mewah yang gemerlapan pada The Great Gatsby.

Desainer dan Fotografer Dinah Fried mengeksplor hubungan ultra-sensorik ini dalam bukunya Fictitious Dishes: An Album of Literature’s Most Memorable Meals. Buku ini menghadirkan 50 gambar kuliner ikonik yang berasal dari karya fiksi terbitan dua abad terakhir, ditambah dengan deskripsi dari tiap-tiap novel mengenai hidangan tersebut. Fried memasak, menghias, dan memotret makanan-makanan itu, membawa dirinya menyusuri waktu lampau bersama dengan masakan tersebut

Dalam wawancara bersama Bon Appetit Dinah Fried menceritakan kecintaannya akan sastra dan makanan. Sejak kecil ia memang rajin membaca dan dari bacaan-bacaan itulah gambaran makanan yang ikonik pada buku tersebut melekat di kepalanya. Saat ditanya mengenai sumber inspirasinya dalam membuat projek ini, Fried juga mengaku bahwa sebagian besar bacaan masa kecilnya ‘lah yang membuat Fried dihantui rasa penasaran akan makanan-makanan dalam karya fiksi tersebut. Selain itu, Fried memang hidup dalam keluarga yang sangat pandai memasak. Berkat lingkungan yang mendukung ini maka tak heran  Fried dapat menciptakan ide untuk proyek eksperimental menarik ini.

Roti panggang dengan lelehan keju ini berasal dari cerita Heidi milik Johanna Spyri.

“Roti panggang dengan keju meleleh dalam Heidi adalah satu deskripsi yang saya baca ketika kecil dan tak pernah saya lupakan,” begitu ceritanya. Namun ia juga tak mengelak bahwa teman-teman dan keluarganya pun turut membantu memperkaya khasanah makanan dalam buku tersebut.

Makanan-makanan itu diadaptasi dari cerita-cerita fiksi di antaranya; Oliver Twist, The Catcher in the Rye, Alice’s Adventures in Wonderland, The Girl with a Dragon Tattoo, Moby Dick, The Bell Jar, Metamorphosis, To Kill a Mockingbird, On The Road dan masih banyak lagi.

Sepotong Pie Apel dan Es Krim Vanila dalam cerita On The Road dari penulis Jack Kerouac, yang pernah menelusuri jejak-jejak petualangan mengharukan Christoper McCandless dalam buku Into The Wild.

Selain makanan yang diangkat dari cerita fiksi, hal menarik dari buku fotografi ini adalah tatanan dan perkakas yang Fried gunakan. Masih dalam wawancara tersebut ia mengaku bahwa ia membutuhkan banyak sekali waktu untuk mencari peralatan yang tepat dan sesuai dengan setting dalam cerita aslinya.

“Untuk The Great Gatsby saya memiliki tipe piring ArtDeco tersendiri di kepala saya, dan saya menghabisakan sepanjang waktu untuk menelusuri Etsy dan eBay, selain itu saya juga mencarinya di pasar loak dan toko antik. Saya menginginkan pola geometris yang spesifik tersebut berwarna keemasan, tapi saya tak pernah medapatkannya,” ceritanya panjang lebar. Ia pun menambahkan bahwa ia tidak juga mengambil foto hingga akhirnya menemukan beberapa piring alternatif.

Sup Remis dan sepotong roti  beserta minumannya dalam cerita klasik Moby-Dick

Sama halnya dengan makanan pada Moby-Dick, Fried pun ingin menyertakan sebuah gelas bir pewter (terbuat dari campuran timah putih dan hitam). Ia memiliki gambaran tersendiri di benaknya, dan membutuhkan waktu lama sekali hingga ia sadar bahwa sewaktu kecil gelas seperti itu ada di rumahnya, “jadi saya meminta ayah saya untuk membongkar barang-barang itu di gudang bawah tanah!”

Kedua hal itu adalah detail yang tidak terdeskripsikan dalam buku, melainkan apa-apa yang ia bayangkan atas pembacaan buku-buku tersebut.

Dalam foto The Amazing Adventure of Kavalier & Clay, Fried menggunakan serbet neneknya yang dibeli di Jerman selama Holocaust.

“Jadi segala benda-benda itu memiliki sejarah. Setiap kali saya melihat ada garage sale saya akan pergi ke sana – saya benar-benar terobsesi. Rasanya saya membayangkan alat-alat makan perak segala jenis yang berbeda-beda ketika sedang mengerjakan buku tersebut, ” pungkasnya.