Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok telah sukses mengadakan simposium yang ke-6 di Xin Xi Lai Hotel – Xia ChengQu, Hangzhou, pada tanggal 28 Mei 2017. Simposium ini diadakan untuk pertama kalinya di Hangzhou, dan dihadiri oleh 250 pelajar Indonesia yang berada di Tiongkok. Acara ini mengambil tema “Kompas Masa Depan Mahasiswa Indonesia Lulusan Tiongkok: Membangun Negeri dengan Mengoptimalkan Potensi Anak Bangsa”.

Acara ini menghadirkan berbagai tokoh penting di Indonesia yang merupakah ahli dan profesional di berbagai bidang sebagai pembicara, di antaranya Dr. Rizal Ramli (Ekonom, Mantan Menko Perekonomian RI) dan Prof. Intan Ahmad (Dirjen Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti) yang menjadi keynote speaker. Selain itu, hadir pula Prof. Richardus Eko Indrajit, Ketua Pakar IT Kementerian Pertahanan RI, perwakilan dari korporasi yakni James Hartono, Founder dan CEO Yestar Healthcare Holdings Ltd. dan Fitriyani Bukri, Social Media dan Global Management Expert dari perusahaan e-commerce raksasa di Tiongkok dan dunia, Alibaba. Hadir pula akademisi dari Universitas Indonesia (UI) di bidang hubungan internasional, Jonna Widhagdo Putri, yang juga bekerja sebagai penerjemah bahasa mandarin untuk Presiden RI ke-6 dan ke-7.

Acara diawali dengan materi dari keynote speaker, lalu dilanjutkan dengan dengan panel diskusi bersama empat pembicara yang ahli di bidangnya tersebut. Materi yang disampaikan oleh keynote speaker kali ini seputar wawasan di bidang ekonomi dan tips untuk pelajar Indonesia yang menjalani pendidikan di Tiongkok, terutama langkah-langkah penting yang dapat dipertimbangkan setelah lulus.

Acara ini dimeriahkan pula dengan berbagai penampilan budaya yang dipersembahkan oleh PPI Hangzhou, yang sekaligus menutup acara simposium perdana ini. PPI Hangzhou menampilkan tari saman, tari papua, dan penampilan musik lainnya. Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai, Siti Nugraha Mauludiah, juga turut menghadiri acara ini.