Nongkrong yang asik pasti identik dengan café, tempat nyaman, makanan dengan harga bersahabat, minuman favorit, hingga desain interior ruangan yang bagus untuk foto-foto. Belum lagi kalau ada wifi yang super cepat, pasti bisa betah berlama-lama nongkrongnya. Nah, kalau sedang berkunjung ke Surabaya dan ingin nongkrong sama teman lama, pun ingin sejenak merangkai kenangan di Kota Pahlawan, berikut ini 8 rekomendasi tempat nongkrong yang asik, nyaman banget plus sampai bisa bikin lupa waktu.

Catat baik-baik ya tempatnya. Dijamin nongkrong jadi makin seru. Jangan lupa untuk mengabadikan momen nongkrong serunya atau foto dengan makanannya boleh juga loh!

 1. Libreria Eatery
Sesuai dengan namanya “Libreria” yang berarti perpustakaan. Kafe ini menyuguhkan desain interior yang sangat cantik. Sudut ruangan dihiasi dengan rak-rak kayu yang berisi berbagai macam buku dan juga tanaman kaktus. Beberapa hiasan diding dan rangkaian kata-kata yang disusun apik membuat Libreria makin istimewa.

Libreria terdiri dari dua lantai dan memiliki beragam menu yang lezat. Mulai dari big meals, small bites (camilan), sweet treats, hingga racikan kopi, teh serta minuman kekinian lainnya. Oiya, Libreria juga menyediakan wifi gratis loh biar nongkrongnya jadi makin betah. Libreria berlokasi di Jl. Ngagel Jaya No.87-89 dan buka mulai dari pukul 09.00 hingga 23.00.

2. Travelmie Puncak Soerabaia
Nongkrong di Travelmie Puncak Soerabaia memberikan sensasi keseruan tersendiri. Berasa menikmati pendakian dan pengobat rindu menikmati malam di tenda bersama teman-teman. Tempat nongkrong yang berbeda dari tempat nongkrong lainnya lengkap dengan dekorasi tenda, lentera, balok kayu apo unggun dan puluhan lampu kelap-kelip di langit-langit seperti bintang-bintang di angkasa. Menariknya lagi setiap 30 menit akan ada kabut buatan agar suasana pegununan lebih terasa nyata.

Travelmie Puncak Soerabaia memiliki beragam menu makanan ala pendaki, yaitu mie instan namun dengan berbagai varian rasa. Tidak hanya mie instant namun juga ada nasi bakar rempah dan nasi liwet santan. Harganya pun sangat terjangkau yaitu antara 10 ribu hingga 20 ribu an rupiah. Berlokasi dekat dengan daerah kampus ITS tepatnya di Jalan Mulyosari No.171, Kalisari Surabaya membuat tempat nongkrong ini jarang sepi pengunjung. Oiya, Travelmie Puncak Soerabaia buka mulai dari pukul 11.00 pagi hingga tengah malam.

3. Suoklat
Suoklat memiliki arti sangat coklat, dalam bahasa khas Surabaya diberikan imbuhan su- yang bermakna sangat. Eits, namun jangan khawatir Suoklat tidak hanya menjual beragam olahan coklat. Beragam makanan serta minuman lainnya pun tersedia di sini, mulai dari makanan berat seperti spicy wings, ayam BBQ dan snack ringan serta aneka olahan teh dan minuman bersoda lainnya.Suoklat berlokasi di Jl. Gubeng Kertajaya 7c No.56 Surabaya dan buka mulai dari jam 11 pagi hingga 11 malam. Harga makanan dan minuman yang dijual di Suoklat juga sangat terjangkau yaitu sekitar 17 ribu sampai dengan 25 ribu rupiah. Tempatnya juga nyaman banget lho, yakin betah nongkrong disini.

4. DeMandailing
DeMandailing menyediakan M berbagai menu makanan dan minuman yang lezat serta tempat yang begitu nyaman membuat banyak orang ketagihan untuk nongkrong di café yang satu ini. Itulah yang membuat DeMandailing tidak pernah sepi dari pengunjung. Harganya pun sangat cocok di kantong, dijamin tidak akan membuat kantong jebol. Salah satu menu spesial di DeMandailing adalah Japanese Vegetable Curry with Chicken Katsu dengan harga 25 ribu rupiah dan porsi yang besar.Tidak hanya menu berat, DeMandailing juga menjual beragam makanan ringan. Salah satunya adalah kentang goreng namun dalam potongan yang besar tidak seperti di café-café pada umumnya. DeMandailing memiliki 3 cabang di Surabaya, sebagai berikut: [1] Universitas Ciputra (UCWalk), Senin – Sabtu 09.00-21.00 [2] Jl, Raya Jemur Sari No.71 Wonocolo, Minggu – Jumat 10,00-22.00 | Sabtu 15.00 – 22.00 [3] Jalan Klampis Jaya No.10 B, Sukolilo, Minggu – Jumat 10.00-23.00 | Sabtu 17.00 – 23.00

5. Kedai Kopi Espresso (Keiko)
Para pecinta kopi pasti akan suka sekali nongkrong di Kedai Kopi (Keiko). Tempat yang luas, nyaman dengan desain interior yang menarik serta tentunya ada wifi super cepat yang memanjakan para pengunjung untuk berlama-lama nongkrong di Keiko. Keiko berlokasi di Jl. Klampis Jaya Surabaya dan sangat strategis letaknya karena dekat dengan kampus. Beragam cemilan juga dijual untuk teman nongkrong, mulai dari salad mix beef hingga roti bakar dengan beragam varian rasa. Tenang saja, harganya sangat bersahabat juga kok untuk segala usia. Berbagai macam varian kopi dijual untuk membuat nongkrong jadi makin asik dan semangat.

6. Babeh Street
Babeh street merupakan salah satu tempat nongkrong favorit untuk segala usia apalagi anak-anak muda, khususnya kalangan pelajar ataupun mahasiswa. Tempat yang luas untuk indoor maupun outdoor membuat tidak pernah kesulitan untuk mendapatkan tempat duduk. Dekorasinya pun sangat menarik untuk foto-foto.Babeh street menyediakan beragam pilihan makanan dan minuman yang sangat menarik untuk dicoba. Mulai dari menu nasi gila yang legendaris hingga gado-gado unik yang bentuk dan rasanya beda dari yang lain. Babeh street berlokasi di Jl. Slamet No.31. Untuk weekdays buka dari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, namun untuk weekend buka dari 10 pagi hingga 11 malam.

7. Zangrandi
Bagi para pecinta es krim wajib mencoba untuk nongkrong di tempat unik satu ini. Yap, Zangrandi merupakan kedai es krim yang sudah lama beroperasi sejak tahun 1930 an. Bisa dilihat dari dekorasi yang menampilkan berbagai foto kenangan Zangrandi dari zaman ke zaman. Pun Zangrandi juga menggunakan kursi-kursi rotan agar lebih memberikan kesan vintage.

Aneka varian rasa es krim Zangrandi. Photo credits: www.fanpop.com

Zangrandi penuh syarat akan cita rasa dari kenikmatan klasik. Kelebihan dari es krim Zangrandi ini adalah home made serta menggunakan bahan-bahan alami tanpa menggunakan perasa buatan. Es krimnya pun dibuat dari buah-buahan asli sehingga teksturnya begitu rindah dan mudah mencair. Beberapa menu favorit di Zangrandi adalah Tutti fruit, banana split, mecodonia dan es krim soda. Kedai es krim Zangrandi ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso No.15 Surabaya dan juga buka cabag di Galaxy Mall Surabaya. Zangrandi buka mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

8. Caloria
Caloria semakin menambah tempat nongkrong asik di Surabaya, khususnya di daerah Surabaya Timur. Caloria berlokasi di Jl. Raya Dharmahusada Indah No.87. Suasana di Caloria sangat nyaman dan cukup luas. Estimasi bisa menampung kurang lebih 120 orang. Caloria menyediakan beragam makanan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa menu yang patut dicoba di Caloria adalah Loco Moco, yaitu nasi beserta daging cincang hamburger dan telur rebus serta Blueberry Sponge Cake yang rasanya super lezat.Photo credits: www.laurangelia.com