Megawati Soekarnoputri, Presiden Ke-5 Republik Indonesia mendapatkan kunjungan istimewa dari Pemerintah Afrika Selatan. Presiden Afsel, Jacob Zuma mengunjungi rumah anak dari mendiang Presiden Soekarno yang berada di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta. Kedatangan Zuma adalah agenda setelah menghadiri KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) 2017.

Zuma berdialog mengenai sejarah panjang hububngan yang telah terjalin antara Indonesia dan Afrika Selatan. Dalam dialog tersebut, Zuma mengatakan bahwa dua warga negara Indonesia telah dijadikan pahlawan di negaranya. Pertama adalah Presiden pertama RI Sukarno. Kedua adalah Pejuang dari Kesultanan Gowa, Syeikh Yusuf.

Pemberian gelar pahlawan untuk Sukarno tidak terlepas dari kesuksesannya dalam menggelar Konferensi Asia Afrika pada tanggal 18 sampai 25 April 1955. Konferensi tersebut memerika dampak bagi Afrika Selatan yang saat itu masih dalam masa jajahan Inggris. KAA berdampak pada semangat masyarakat Afrika Selatan untuk memerdekakan diri dari Kolonial Inggris

Sementara Syeikh Yusuf dianggap sebagai sosok yang menginspirasi Neson Mandela, seorang pejuang anti-apartheid yang mendunia.Syeikh Yusuf memilih jalan dakwah di Afrika Selatan setelah dibuang oleh kolonial Belanda. Dakwah yang dilakukan oleh Syeikh Yussuf telah melahirkan semangat anti-apartheid yang menjadikan Nelson Mandela memilih jalan perjuangan yang sama.