Kota Surabaya terkenal dengan ikon Sura dan Baya yang sangat melegenda. Semangat perjuangan 10 November pun melekat kuat pada jati diri Kota Surabaya. Apa yang kalian suka dari Surabaya? Boneknya, teriknya atau wisata bersejarahnya? Nah, Kota Surabaya juga memiliki beberapa tempat kuliner favorit yang tak jarang membuat para perantau atau warganya sekalipun ketagihan. Menggoyang lidah dan tetap ramah di kantong. Yuk, simak daftarnya berikut ini:

1. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen merupakan kuliner legendaris Surabaya. Sate yang berbeda dari sate pada umumnya ini dibalut dengan Kelapa yang sebelumnya sudah disangrai. Pilihannya pun macam-macam, mulai dari daging sapi, ayam, sumsum, udang dan usus. Sate Klopo Ondomohen ini berlokasi di Jl. Walikota Mustajab No.36 Surabaya. Satu porsi Sate Klopo Ondomohen ini seharga Rp 20.000 rupiah yang berisi 10 tusuk sate. Oiya, ada juga lontong dan nasi putih untuk santapan pendamping sate yang empuk nan gurih ini.

Sate Klopo Ondomohen buka mulai pukul 06.30 pagi sampai dengan 11.30 malam. Kuliner khas Surabaya ini pun mudah dijangkau dengan beragam transportasi. Yuk incipin satu tusuk satenya pasti jadi mau lagi dan lagi.

2. Bebek Goreng Tugu Pahlawan

Pecinta Bebek Goreng rasanya wajib mencicipi kuliner di Surabaya yang selalu padat pengunjung satu ini. Berlokasi tepat di seberang Monumen Tugu Pahlawan, bebek goring tugu pahlawan menjadi tempat kuliner yang sangat strategis. Tempatnya berupa warung sederhana yang khusus menjual menu bebek goreng mulai dari bebek goreng jeroan hingga bebek goreng paha super. Harganya pun bervariasi mulai dari 9 ribu hingga 18 ribu rupiah. Sepiring nasi panas dengan bebek goreng ini disajikan dengan sambel tomat serta sambel korek Madura yang khas. Mantep banget deh pokoknya!

Oiya, bagi teman-teman yang ingin mencicipi kelezatan bebek goreng tugu pahlawan ini diharapkan sabar menunggu karena antriannya selalu panjang atau kalau tidak datang lebih sore sekitar pukul 6 atau 7. Kelewat enaknya ya sampai pada ketagihan semua.

3. Sego Sambel Mak Yeye

Kuliner khas Jawa Timur satu ini cukup membuat lidah bergoyang. Sambelnya yang jos gandos begitu nikmat apalagi disantap dengan nasi hangat dan lauk-pauk kesukaan. Sego Sambel Mak Yeye merupakan salah satu kuliner malam di Surabaya yang sangat laris manis buka mulai pukul 22.00 – 04.00. Kelezatan sego sambel mak yeye selalu berhasil mengusir kantuk dan rela menghadapi antrian yang begitu panjang.  Bisa langsung meluncur ke Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12 ya dan rasakan sensasi nikmatnya Sego Sambel Mak Yeye.

 4. Soto Lamongan Cak Har

Soto khas Lamongan yang sangat nikmat  ini merupakan kuliner  Surabaya yang wajib kamu cicipi saat singgah di Surabaya. Terdapat 2 cabang, yaitu di Jl. Arif Rahman Hakim dan Merr. Rasa soto yang nikmat dan gurihnya koya membuat makin lahap saat menyantapnya. Soto Lamongan Cak Har dipatok dengan harga 18 ribu untuk setiap porsinya. Plus teman-teman bisa minta balungan ayam secara free lo. Yummy banget!

5. Rawon Setan

Rawon Setan, membaca namanya saja pasti membayangkan kalau Rawon nya sangat pedas atau mungkin ada yang aneh di dalamnya. Salah besar, diberi nama warung rawon setan ada yang buka sampai dini hari dimana setan banyak yang berkeliaran. Rawon setan disajikan dengan potongan daging yang besar dan empuk sehingga makin mantap saat disantap Rasanya belum lengkap ke Surabaya kalau belum mencicipi Rawon Setan.

6. Depot Bu Rudy

Tempat Kuliner legendaris selanjutnya adalah Depot Bu Rudy yang memiliki menu khas dengan beragam sambalnya yang nikmat. Berlokasi di Jl. Dharmahusada No.140 Mojo, Gubeng Surabaya membuat Depot Bu Rudy selalu ramai pengunjung. Menu nasi udang empal adalah salah satu menu favorit yang wajib untuk dicicipi. Depot Bu Rudy juga menjual aneka sambal kemasan mulai dari sambal Bu Rudy original/bawang dengan harga 22 ribu per kaleng hingga sambal bajak/terasi dengan harga 25 ribu per kaleng.  Sambalnya nikmat!

7. Tahu Telor Pak Jayen

Tahu telor yang satu ini benar-benar istimewa. Porsi yang lumayan banyak dengan bumbu yang melimpah serta harga yang bersahabat di kantong. Satu porsi tahu telor Pak Jayen ini dihargai sebesar 13 ribu rupiah. Teman-teman bisa custom menu juga lho, misal tanpa lontong, tanpa sayur, ataupun tambah kentang. Warung tahu telor Pak Jayen buka mulai pukul 18.00 sampai dengan sekitar pukul 23.00. Terdapat 3 cabang di Surabaya, yaitu di Jl. Dharmahusada Indah Raya Blok C-2, Jl. Dharmahusana No.112 (dekat Pom Bensin), dan food court Pakuwon City Surabaya.

Asiknya jalan-jalan bersama, melihat patung Sura dan Buaya. Kalau berkunjung ke Surabaya, kurang rasanya kalau belum mencicipi kuliner Surabaya melegenda.