Indoneside, Kota Batu – Komunitas Robot Jatim bersama Jawa Timur Park Grup kembali menggelar event spectacular bertajuk Robot Challenge.

Event tahunan yang diadakan di Fun Tech Plaza Jatim Park 3 ini mengusung tema Low Cost Competition. Yaitu menciptakan robot-robot canggih dan unik dengan menggunakan bahan daur ulang.

“Kompetisi Robot Challenge ini merupakan perlombaan membuat robot dengan menggunakan barang-barang elektronik bekas atau daur ulang, bisa berasal dari tv bekas atau barang elektronik yang rusak,” ujar M.Agung Sartiko, Ketua Pelaksana Robot Challange kepada Indoneside.com, Sabtu,(13/10/18).

Adapun peserta dari siswa-siswi dari tingkat SD hingga SMU dari berbagai sekolah di Jawa Timur dengan jumlah 200 peserta mewakili 50 sekolah.

“Ini sebagai apresiasi kreatifitas anak anak bangsa di bidang robot. Ada 8 kategori yang akan kita lombakan,” ujarnya.

Beberapa kategori itu adalah robot sumo, robot rescue, robot soccer, drone racing, maze solving, fire fighting, sponsor league, robot gathering, amphiby atau underwater. Juri dari WIRC (komunitas robotica yang telah diakreditasi oleh negera) akan menilai dari berbagai kategori yang berbeda.

“Misalnya kategori problem solving (misal fire fighter) robot harus bisa menuju satu titik api untuk memadamkan api tentu dengan kecepatan waktu (timing) dan akurasi. Untuk robot soccer bisa bermain bola,” jelasnya.

Untuk pemenang, lanjutnya akan mendapatkan sertifikat dari kemendikbud dan komunitas serta total uang Rp. 10 juta rupiah.

Ia berharap dengan adanya lomba ini akan memacu semangat anak-anak bangsa dalam bidang robotika. serta dapat mewadahi komunitas-komunitas robotika. Tidak hanya itu, pemenang nantinya akan di lombakan di tingkat nasional dan internasional.

“Dari sini kita akan nyari bibit unggul di provinsi untuk dilombakan di tingkat nasional hingga internasional,” tutupnya.

Kompetensi ini pun menjadi favorit bagi kalangan anak-anak. Peserta sangat antusias mengikuti perlombaan. Seperti Raditya, siswa SD Mumammadiyah 4 Surabaya ini mengaku sangat senang mengikuti ajang robotik ini.

“Senang tapi sedikit gugup, bentar lagi giliran saya,” ujar siswa kelas 4 SD itu.

Acara Robot Challange ini akan di gelar hingga Senin (15/10) mendatang.

Comments