Bagi para pecinta konsol Sony yang satu ini, menunggu setiap update info mengenai PS 5 adalah sebuah kesabaran. Dimulai dari informasi mengenai peluncuran proyek konsol baru, informasi desain, hingga yang terakhir, harga resmi konsol. Harga resmi konsol resmi dipublikasi setelah pihak Sony menyelenggarakan acara showcase PS5 pada Rabu, (16/9).

Sebelumnya, Sony telah memutuskan untuk mengeluarkan dua seri, yaitu konsol versi lengkap dan versi digital (tanpa akses Blu Ray Disc). Dalam acara showcase tersebut, PS5 menetapkan harga sebesar $499.99 atau Rp 7,3 juta untuk konsol PS5 standar. Sedangkan untuk PS5 Digital Edition, Sony memberi harga $399.99 atau Rp 6 juta.

Harga tersebut diprediksi akan membuka persaingan ketat dengan Konsol Microsoft, Xbox Seri X dab Xbox Seri S. Sebelumnya seminggu yang lalu, Microsoft resmi kan menjual Xbox Series X dengan harga yang sama dengan PS 5 Standard, RP 7,3 juta.

Dengan tanggal perilisan yang berdekatan, diprediksi akan terjadi persaingan ketat di antara kedua konsol tersebut. Sedangkan dengan harga 299 dolar (Rp 4,4 juta) untuk Xbox Series S, diprediksi tidak akan menjadi saingan berarti karena perbedaan market share yang akan disasar oleh Xbox.

Selain dalam showcase, Sony menyatakan bahwa gamer sudah bisa “membakar” uangnya pada hari ini, tanggal 17 September 2020. PS5 akan membuka pre order pertamanya dan sekaligus menyalip rencana pre order Xbox yang akan dilakukan pada 22 September.

Harga PS5 dalam Dolar US, Euro, Pounds, dan Yen

Walaupun berbeda satu juta rupiah, gamers harus lebih selektif dan menentukan dengan baik konsol yang akan dibeli. Hal yang bisa dipertimbangkan antara lain: akses internet yang memadai, kepentingan koleksi, hingga perhitungan harga game.

Untuk mendownload sebuah game yang diprediksi berkapasitas 100GB lebih, gamer dengan koneksi internet yang lambat dan tidak stabil harus memiliki kesabaran ekstra dalam mengunduh game digital.

PS5 vs Xbox Series X, Sumber: tomsguide.com

Selain itu, konsol digital akan bermasalah dengan drive disk yang terbatas. Game Play Station Now (PSN) di sebagian besar wilayah harganya juga jauh lebih mahal daripada game fisik mereka. Walaupun tidak menutup kemungkinan, terdapat banyak musim diskon, dimana PSN akan mendiskon mayoritas gamenya dengan harga yang miring. Akan tetapi apabila berhadapan dengan game digital, diprediksi PS5 akan tetap tertinggal dengan Xbox Game Pass.