Memasuki awal tahun 2021, sudahkah kamu menyiapkan resolusi? Banyak pengalaman dan cerita ‘menakjubkan’ yang telah dilalui sepanjang tahun lalu. Ada pelajaran-pelajaran kehidupan yang dapat dipetik.

Tahun baru identik dengan harapan baru. Setiap orang tentunya memiliki rencana pencapaian yang ingin diraih. Tidak sedikit orang-orang ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Ada berbagai tren gaya hidup 2021 bermanfaat yang bisa dijadikan sebagai pilihan resolusi. Namun, tidak semua tren cocok diterapkan pada kehidupan setiap orang.

Baca juga: Mengenal Frank Abagnale, Penipu Kelas Internasional yang Abadi Melalui Film Catch Me If You Can

Sebuah tren fashion misalnya. Mungkin ini cocok untuk seseorang yang fashionable, tetapi tidak pada orang lain yang tidak begitu mengikuti tren fashion.

Nah, berikut ini tren gaya hidup 2021 yang cocok untuk semua orang. Tentunya, pilihan ini akan membantu hidup kamu menjadi jauh lebih baik.

 

1. Kurangi sampah rumah tangga

Sampah adalah masalah lingkungan yang butuh perhatian semua orang. Termasuk di dalamnya adalah penggunaan plastik. Kamu perlu memulai gaya hidup ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan sampah plastik.

Gaya hidup ramah lingkungan itu merujuk dengan istilah go green. Ini sudah menjadi tren yang paling dikenal masyarakat. Namun, berbicara soal limbah rumah tangga, jelas tidak hanya membahas soal penggunaan plastik.

Inilah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi limbah rumah tangga:

  • Say no to plastic and paper!

Daripada selalu membeli air minum kemasan ke manapun kamu pergi, lebih baik kamu membawa botol minum sendiri. Selain lebih ramah lingkungan, hal ini menghindarkan kamu dari pengeluaran yang tidak perlu.

Banyak tindakan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah plastik. Misalnya, menggunakan sedotan berbahan stainless steel, membawa tas belanja berbahan kain ketika berbelanja, sebagaimana dikutip dari laman Addison County.

Sedotan baja
Sedotan baja. (Foto: cottonbro/Pexels)

Kamu juga bisa menggunakan kain atau baju bekas untuk membersihkan sesuatu daripada menggunakan tisu dan bahan sekali pakai lainnya. Selain itu, kamu bisa menyediakan tumblr sendiri ketika membeli minuman untuk menghindari penggunaan gelas berbahan plastik atau kertas.

  • Kurangi sampah makanan

Berbelanja makanan secara berlebihan atau tidak sesuai dengan kebutuhan pada akhirnya menyebabkan makanan tersebut tidak habis sehingga menumpuknya sampah makanan.

Hal ini sungguh disayangkan, mengingat masih banyak orang kelaparan atau tidak terpenuhi kebutuhan pangannya. Kamu dapat mencegah hal ini dengan mencatat kebutuhan pangan sesuai dengan kebutuhan dan kuantitas yang tepat.

Ketika ada jumlah makanan berlebih, jauh lebih bermanfaat jika kamu mengemasnya lalu memberikan kepada para tunawisma atau orang–orang yang lebih membutuhkan ketimbang membuangnya.

Ketika ada makanan sisa, kamu juga bisa memberikan itu kepada hewan peliharaan atau hewan di sekitar lingkungan kamu, misalnya ke kucing atau anjing.

  • Gunakan bahan pembersih yang ramah lingkungan

Tahun 2021, kamu perlu memaksimalkan penggunaan produk pembersih yang aman dan ramah lingkungan. Produk-produk ini memiliki kadar bahan kimia rendah sehingga limbah beracun yang dihasilkan lebih sedikit dan mengurangi pencemaran lingkungan. Contohnya, memakai lemon untuk mencuci piring.

 

2. Hidup minimalis

Tidak kalah dengan go green, gaya hidup minimalis turut menjadi tren masa kini, terutama di kalangan milenial. Konsep minimalis adalah bagaimana meminimalisir ruang dan benda di sekitar kamu.

Joshua Becker dalam artikel di becomingminimalist.com secara sederhana menjelaskan gaya hidup minimalis. Ia hidup hanya dengan barang-barang yang dibutuhkan saja.

Kamu bisa belajar gaya hidup minimalis darinya, seperti hanya memiliki pakaian, asesoris, alas kaki, dan sebagainya. Kemudian, tinggal di rumah atau apartemen berukuran kecil, menaruh sedikit properti di dalam ruangan agar tidak terlihat sumpek, dan lainnya.

Intinya, gaya hidup minimalis menekankan ‘apa yang dibutuhkan’ bukan ‘apa yang diinginkan’. Konsep minimalis tidak melulu soal barang. Gaya hidup ini bisa diterapkan pada berbagai aspek kehidupan serta pola pikir.

Baca juga: Deretan Menteri Era SBY yang Sekarang Membantu Kabinet Indonesia Maju Jokowi

Ini beberapa tips gaya hidup minimalis yang telah dirangkum dari berbagai sumber!

  • Menyingkirkan barang- barang yang tidak lagi diperlukan

Kamu dapat mendonasikan barang-barang yang tidak lagi diperlukan namun masih layak pakai. Selain itu, kamu perlu membuang barang-barang yang benar-benar tidak terpakai.

  • Reuse dan repurpose

Reuse adalah tindakan kamu untuk memanfaatkan atau menggunakan kembali barang yang tidak terpakai.

Sedangkan, repurpose adalah tindakan mengubah barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai guna sehingga memiliki kegunaan lain. Misalnya kaleng kecil diubah sedemikian rupa menjadi tempat alat tulis.

  • Menggunakan sosial media secara bijak

Gaya hidup minimalis juga mempengaruhi penggunaan media sosial. Cobalah untuk mengikuti akun-akun yang memberikan manfaat serta value untuk kehidupan kamu.

Itulah dua tren gaya hidup 2021 yang bisa kamu jadikan resolusi di tahun baru yang penuh harapan ini.

Kamu tidak harus mengharapkan hal muluk-muluk untuk mencapai resolusi. Kamu bisa mulai dari hal sederhana di sekitar kamu. Dari hal kecil, selanjutnya kamu akan membawa dampak yang memberikan perubahan dalam hidup yang lebih baik.

Baca juga: Pendapat Ekonom untuk UU Cipta Kerja dan Masukan kepada Pemerintah