Era digitalisasi memudahkan masyarakat memperoleh informasi dan memperluas jangkauan interaksi terhadap orang lain. Asalkan perangkat komputer dan gawai terhubung internet, siapapun dapat menikmati manfaat teknologi baru ini.

Ruang digital sudah umum dimanfaatkan pelbagai instansi, lembaga dan perkantoran. Biasanya ditujukan untuk pemasaran.

Perguruan tinggi di Indonesia pun memanfaatkan peluang digitalisasi untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat. Universitas memanfaatkan dunia maya untuk menyebarkan informasi dan berita terbaru seputar pendidikan dan kehidupan kampus masing-masing.

Informasi adalah hal penting bagi insan akademi. Calon mahasiswa, misalnya, dapat mengetahui latar dan jurusan yang tersedia melalui pengecekan lewat internet yang akan membantu dia menentukan kampus pilihan.

Untuk mengetahui universitas mana saja yang populer di dunia maya, startup edutech RevoU baru-baru ini merilis peringkat universitas di Indonesia dengan website dan media sosial terbaik.

Dalam metodologinya, RevoU mengumpulkan data dari masing-masing universitas di Indonesia berdasarkan jumlah kunjungan bulanan website dan jumlah pengikut media sosial.

Adapun media sosial tersebut antara lain Instagram, Twitter, YouTube, dan LinkedIn. Data-data tersebut dikumpulkan pada Maret 2021.

Perguruan tinggi mana saja yang terbaik di dunia maya? Berikut ini daftar ranking universitas di Indonesia dengan website dan media sosial terbaik.

1. Pengunjung website bulanan

Sering mengunjungi website kampus? Mahasiswa biasa mengakses website kampus untuk melihat pengumuman dan kabar seputar kehidupan kampus.

Adalah Universitas Gajah Mada (UGM) yang menempati peringkat pertama pengunjung website bulanan terbanyak di Indonesia. Kampus yang berpusat di Yogyakarta ini memiliki 6.100 pengunjung website bulanan.

Selanjutnya di peringkat kedua adalah Universitas Indonesia (UI) dengan 5.000 pengunjung bulanan. Lalu di tempat ketiga dipegang oleh Binus University dengan 4.300 pengunjung bulanan.

Daftar lengkap peringkat total pengunjung website bulanan universitas dapat dilihat dalam infografik di bawah ini.

Peringkat pengunjung website bulanan
Peringkat total pengunjung website bulanan universitas. (Dok. RevoU)

2. Instagram

Untuk Instagram, penentuan rangking didasarkan pada total pengikut dan post.

Dalam kategori ini, UGM kembali menempati posisi puncak untuk total pengikut terbanyak akun Instagram perguruan tinggi. Total saat pengumpulan dilakukan, jumlah pengikut akun Instagram UGM mencapai 756.000 ribu pengikut.

Peringkat kedua total pengikut Instagram dipegang UI dengan jumlah pengikut mencapai 682.000 pengikut.

Rangking ketiga ditempati Universitas Brawijaya. Jumlah pengikut akun Instagram kampus sebesar 272.000 pengikut, tiga kali lebih sedikit dibanding jumlah pengikut akun UGM dan UI.

Meski demikian, besarnya jumlah pengikut bukan faktor tunggal dalam menentukan akun Instagram terbaik. Ada juga total post yang dihitung.

Total post terbanyak diraih oleh akun Telkom University, Universitas Atmajaya dan Universitas Trisakti.

Lebih lanjut, daftar lengkap peringkat total pengikut dan jumlah post Instagram universitas dapat dilihat dalam infografik di bawah ini.

Peringkat pengikut dan jumlah post Instagram
Peringkat total pengikut dan jumlah post Instagram universitas. (Dok. RevoU)

3. Twitter

Sama seperti di Instagram, ranking akun Twitter perguruan tinggi terbaik didasarkan pada total pengikut dan total cuitan. UI dan UGM masih mendominasi jumlah pengikut.

Di Twitter, UI memiliki 1,2 juta pengikut, sedangkan UGM menempati urutan kedua dengan 1,1 juta pengikut. Tempat ketiga dimiliki Universitas Padjajaran dengan 973.800 pengikut.

Adapun total cuitan terbanyak adalah akun Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 84.100 cuitan, kemudian disusul UI dengan 35.200 cuitan dan Telkom University dengan 28.300 cuitan.

Daftar lengkap peringkat total pengikut dan jumlah cuitan Twitter universitas dapat dilihat dalam infografik di bawah ini.

Peringkat pengikut dan jumlah cuitan Twitter
Peringkat total pengikut dan jumlah cuitan Twitter universitas. (Dok. RevoU)

4. LinkedIn

Setelah mengetahui rangking di Twitter dan Instagram, sekarang mari beralih ke media sosial LinkedIn yang menjadi tempat berinteraksi para profesional.

Di LinkedIn, UI merajai posisi jumlah pengikut terbanyak. Kampus kuning ini memiliki 214.500 pengikut.

Di posisi kedua ditempati UGM dengan 153.100 pengikut, lalu Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati rangking ketiga pengikut LinkedIn terbanyak dengan 107.000 pengikut.

Daftar lengkap peringkat total pengikut LinkedIn universitas dapat dilihat dalam infografik di bawah ini.

Peringkat pengikut LinkedIn
Peringkat total pengikut LinkedIn universitas. (Dok. RevoU)

5. YouTube

Terakhir, RevoU mengurutkan jumlah total subscriber dan unggahan video YouTube dari universitas di Indonesia.

Untuk kategori total subscribers terbanyak, ITB menempati posisi pertama. Akun YouTube ITB memiliki 100.000 subscribers.

Adapun posisi kedua ditempati ITS yang memiliki 64.500 subscribers. Lalu tempat ketiga adalah UGM dengan jumlah subscribers sebanyak 59.700 akun.

Sementara itu, untuk kategori total unggahan video YouTube terbanyak dipegang oleh Universitas Udayana.

Kampus di Bali ini memiliki total 2.618 unggahan video. Adapun peringkat kedua dan ketiga total unggahan video diperoleh ITS dan ITB yang memiliki masing-masing 2.409 dan 1.315 unggahan video di YouTube.

Daftar lengkap peringkat total subscribers dan unggahan video YouTube universitas dapat dilihat dalam infografik di bawah ini.

Peringkat total subscribers dan unggahan video YouTube. (Dok, RevoU)
Peringkat total subscribers dan unggahan video YouTube universitas. (Dok, RevoU)

Itulah daftar peringkat universitas dengan website dan media sosial terbaik yang dikumpulkan melalui penelitian RevoU. Pemeringkatan ini dapat menjadi sajian tambahan untuk mengenal universitas di Indonesia. Apa kampus kamu termasuk di dalamnya?

Baca juga: Sopir Uber Jadi Karyawan Tetap, Mungkinkah Diikuti Ojol di Indonesia?