Pergantian tahun baru sering kali dirayakan masyarakat oleh kegiatan suka cita dan berkumpul bersama. Sering kali pada pergantian malam tahun baru, masyarakat mengunjungi tempat wisata, berpesta di bar/cafe, hingga mengunjungi pusat kota. Acara acara ini biasanya diiringi oleh kegiatan makan/minum bersama, tiup terompet hingga menyalakan atau menikmati kembang api. 

Akan tetapi, kegiatan tersebut terlihat riskan, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Peralihan dari tahun 2020 menuju 2021 telah diprediksi akan menjadi episentrum baru penyebaran Covid-19. Longgarnya kedisiplinan masyarakat akan protokol kesehatan hingga aturan pemerintah daerah yang lemah membuat potensi tersebut sangat mungkin terjadi.

Walau di beberapa tempat di Indonesia, penyelenggara acara tahun baru tidak dilarang, beberapa pemda memiliki inisiatif baik untuk menghadang segala bentuk penyelenggaraan acara tahun baru yang berpotensi menjadi konsentrasi berkumpulnya masyarakat.  Berikut adalah beberapa daerah yang melarang digelarnya pesta perayaan tahun baru 2021.

 

1.Kota Palembang

5 Tempat yang Cocok Menyambut Tahun Baru 2020 di Palembang -
Sumber: dipalembang.com

Melalui surat edaran resmi pemkot, Palembang meminta masyarakat untuk tidak merayakan tahun baru 2021. Larangan ini didasarkan pada penciptaan kerumunan dan dikhawatirkan memunculkan klaster baru Covid-19. Imbauan tersebut tertuang dalam surat edaran Nomor 59/ SE/PP/2020 tentang ketentuan adaptasi kebiasaan baru di tempat ibadah, pariwisata, fasilitas umum lainnya pada pelaksanaan operasi lilin 2020 dan tahun baru 2021. Dilansir dari kontan.co.id, Kepala Satuan Pol PP Palembang Guruh Agung Putra Jaya menyatakan bahwa kegiatan orgen tunggal, pesta kembang api, pasar malam, dan kegiatan lainnya yang dapat menyebabkan kerumunan dilarang. Selain itu, pemkot menyarankan pengelola hotel dan tempat hiburan untuk turut mematuhi surat edaran tersebut.

 

2. Provinsi Jawa Barat

Inilah Lokasi-Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di Bandung
Sumber: wisatabdg.com

Kepolisian Daerah Jawa Barat resmi melarang warga menggelar perayaan malam Tahun Baru 2021 dengan pesta kembang api yang memicu keramaian. Untuk menegakkan aturan tersebut, polisi akan memastikan bahwa tidak satupun surat izin yang dikeluarkan. Hal serupa juga ditegaskan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dilansir dari kompas.com, Emil mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 202/KPG.03.05/HUKHAM tentang Pelarangan Perayaan Tahun Baru 2021 dan Pencegahan Kerumunan Massa yang ditujukkan kepada seluruh bupati/wali kota se-Provinsi Jabar.

 

3. Aceh

Sepinya Malam Tahun Baru 2019 di Banda Aceh - kumparan.com
Sumber: kumparan.com

Aceh menjadi salah satu wilayah yang selalu melarang perayaan tahun baru. Perayaan tersebut dianggap bertentangan dengan syariat Islam yang berlaku. Pelarangan perayaan tahun baru 2021 tersebut diputuskan dalam rapat bersama Forum Komunimasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banda Aceh. Forkopimda juga telah mengeluarkan seruan bersama yang melarang perayaan malam pergantian tahun dengan kegiatan pesta atau hura-hura, membakar petasan, kembang api dan sejenisnya hingga balapan liar. 

 

4. Riau

Imbauan Pemprov Riau Terkait Perayaan Malam Tahun Baru - Suara Duri
Sumber: sumberduri.com

Provinsi Riau juga mengimbau masyarakat untuk tidak merayakan malam tahun baru dengan berkerumunan dan melakukan pawai di jalan raya.  Ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru telah mengeluarkan surat edaran Nomor 86 tahun 2020 yang salah satu isinya melarang warganya membuat kegiatan keramaian saat malam tahun baru. guna menghindari penuliaran Covid-19. Surat edaran tersebut juga menganjurkan seluruh umat beragama agar beribada di rumah, walau ibadah di rumah ibadah tetap diperbolehkan, namun tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat.

 

5. Yogyakarta

Tahun Baru Imlek 2020 di Jogja? Inilah Tempat dan Event Rekomendasi untuk  Menikmati Kembang Api | NiagaTour
Sumber: niagatour.com

Pemerintah DI Yogyakarta berkomitmen untuk membubarkan pesta kembang api yang digelar warga pada malam perayaan Tahun Baru 2021. Dilansir dari kontan.co.id, Kepala Satpol DIY Noviar Rahmad akan menindak tegas masyarakat yang melanggar sesuai dengan instruksi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemda DIY juga meminta toko, warung, maupun swalayan membatasi jam operasional selama masa libur Natal dan tahun baru hingga pukul 20.00 WIB mulai 18 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021.

 

6. Surabaya

Surabaya tak Gelar Perayaan Tahun Baru Heboh | Republika Online
Sumber: republika.com

Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya menegaskan bahwa tidak ada kegiatan di malam kegiatan Tahun Baru 2021 akibat kondisi pandemi Covid-19. Untuk menegakkan aturan, polisi akan melakukan razia terhadap penjualan kembang api, kerumunan massa, dan kegiatan kegiatan riskan lainnya. Imbauan ini sudah didiskusikan  oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Surabaya.

 

7. DKI Jakarta

Jalan Akses Masuk Jakarta Bakal Disekat Polisi pada Malam Tahun Baru
Sumber: detik.com

Pemerintah DKI Jakarta telah menegaskan tidak akan menyelenggarakan perayaan Tahun Baru 2021 di kota ataupun kabupaten yang berada di wilayah administrasi Pemprov DKI Jakarta. Hal ini didasarkan pada tingkat pengidap Covid-19 yang terus bertambah akibat longgarnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Perayaan tahun baru 2021 di tempat- tempat makan seperti restoran dan kafe pun dipastikan ditiadakan agar dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Ibu Kota saat pergantian tahun baru.

 

8. Medan

Beberapa Lokasi Untuk Merayakan Malam Tahun Baru Di Medan, Sumatera Utara -  Puncak Langkisau
Sumber: puncaklangkisau.com

Kepolisian Resor Kota Besar Medan menegaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan tahun baru oleh warga dilarang. Larangan ini juga termasuk kegiatan kembang api dan menghidupkan petasan. Polisi juga menegaskan tidak ada perayaan-perayaan lainnya seperti konvoi atau arak-arakan pada malam pergantian tahun. 

 

9. Bali

10 Tempat Acara Malam Tahun Baru 2021 di Bali Suasana Perayaan Enaknya  Kemana Paket Pesta Liburan Ubud | JejakPiknik dot Com
Sumber: jejakpiknik.com

Sebagai sumber kegiatan hiburan tahun baru, Provinsi Bali menjadi sumber penyebaran Covid-19 di Indonesia. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali. Surat tersebut berisi larangan adanya penggunaan petasan, kembang api dan sejenisnya, serta minuman keras.

 

10. Surakarta

Libur Tahun Baru 2020, Hindari 24 Titik Macet di Solo - Travel Tempo.co
Sumber: tempo.co

Kepolisian Resor Surakarta memberikan sanksi hukum terhadap orang yang menyalakan kembang api pada malam tahun baru 2021. Untuk menegakkan aturan tersebut, polisi melakukan sosialisasi sekaligus peringatan kepada masyarakat agar tidak melakukan perayaan pada malam pergantian tahun mengingat saat ini kasus Covid-19 belum dalam dikendalikan, termasuk di Kota Solo.