Apakah kamu pengguna ponsel pintar Android? Jika kamu pengguna setianya, kamu tentu sudah mengetahui jejak perjalanan ponsel Sony Xperia.

Dahulu, ia menyandang nama ‘Sony Ericsson’ sebagai gabungan dengan perusahaan Ericsson (Swedia) hingga sekarang dengan nama ‘Sony Xperia’. Android Sony Xperia telah mendapatkan banyak hati kepada penggunanya karena segala perkembangan spesifikasinya, seolah tidak mau beralih ke Android dari merk lainnya.

Alasan tersebut karena gawai Sony Xperia memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri.  Apa saja keunggulan Sony Xperia yang membuat penggunanya susah move on? Berikut pemaparannya.

 

1. Desain tampilan yang berbeda

Sadarkah kamu bahwa hampir seluruh merk Android memiliki tampilan yang sama. Bentuknya persegi panjang dan tumpul atau lengkung besar di keempat sisinya.

Bahkan beberapa merk Android mengikuti tampilan iPhone sehingga sekilas keduanya tampak mirip. Adapula merk Android yang meniru tampilan merk Android lainnya.

Sedangkan Sony Xperia tetap mempertahankan desain tampilannya yang mengkotak dengan sedikit lancip di keempat sudutnya. Ini yang membuat Android ini menjadi unik.

Jika disejajarkan Android lainnya, kamu bisa langsung membedakan Sony Xperia dan ponsel merk lainnya. Lihat saja design tampilan Sony Xperia yang terbaru, yaitu Xperia 1. Ini benar-benar design Android yang belum pernah ada sebelumnya.

Desainnya masih mengkotak, namun lebih panjang dan ramping, membuatnya terlihat elegan dan mewah.

 

2. Kualitas audio dan kamera

Berbicara soal kualitas audio dan kamera, Sony Xperia bisa menjadi juaranya. Kualitas audionya jernih dan powerfull sehingga membuatnya ulung sejak produk Walkman andalannya dirilis.

Tidak lupa dengan earphonenya yang dilengkapi dengan sensasi bass sempurna, dijamin membuat kamu betah mendengarkan musik seharian penuh.

Lalu kameranya, hasil potret tajam dan jernih. Kualitas kamera Sony Xperia membawanya menjadi salah satu kamera Android terbaik di dunia.

Tidak hanya itu, hasil potret Android ini terkenal natural, sehingga tanpa diberi filter atau editan pun, hasilnya sudah memuaskan.

Bahkan ketika memotret di malam hari dengan cahaya minim pun, hasilnya tetap memuaskan. Bisa dikatakan, kamu tidak perlu membawa kamera DSLR jika ingin berfoto bial telah memiliki Sony Xperia.

Sony Xperia
Sony Experia 5 II. (Foto: the Verge)

3. Tampilan UI (User Interface) yang sederhana

Menurut ulasan dari salah satu penggemar setia Sony Xperia, yang dimuat pada laman dee-nesia.com, tampilan UI Sony Xperia selalu sederhana tanpa ada efek macam-macam namun tetap keren dan nyaman.

Tampilan UI yang sederhana inilah membuat kinerja processor maksimal dan menghemat daya baterai handphone. Selain itu, desain UI yang sederhana ini tentunya tidak mencolok, sehingga tidak membuat mata pedih untuk pemakaian lama.

 

4. Keyboard

Kamu tidak perlu menginstal keyboard tambahan lagi jika menggunakan Android Sony Xperia. Tampilan keyboard Android ini sudah menarik, keren, dan nyaman.

Masih menurut ulasan dari pengguna yang sama, fungsi predictive teksnya Sony Xperi sudah bagus. Bahkan untuk bahasa daerah seperti bahasa Jawa contohnya. Wah keren banget ya!

 

5. Android tahan air dan debu

Keunggulan yang satu ini menjadi andalan Sony Xperia dibandingkan Android lainnya. Pada beberapa seriesnya, Sony Xperia mampu bertahan di kedalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit.

Bagi kamu yang sering beraktivitas outdoor seperti berenang atau ingin berselfie di dalam air, Sony Xperia bisa menemani kamu tanpa rasa khawatir.

Meski kini Sony Xperia dikabarkan akan menutup pasarnya di beberapa tempat, termasuk Asia Tenggara, Sony Xperia tetap menjadi incaran para pengguna setianya.

Dengan semakin beragammnya merk ponsel Android dengan sederet spesifikasi dan keunggulan, Sony Xperia tetap menjadi andalan penggunanya. Bagaimana dengan kamu? Apakah ingin beralih menggunakan Android juara dunia ini?