Oleh: Wong Nie-Nie, S.Psi (Associates Practitioner Chaakra Consulting)

Mindfulness parenting merupakan salah satu pola asuh yang penting untuk diterapkan pada anak-anak zaman sekarang. Pada dasarnya Mindfulness parenting adalah pola asuh yang dilakukan orangtua dengan penuh kesadaran tanpa memberikan penilaian negatif terhadap anak.

Mau tahu apa saja cara sukses mendidik anak dengan metode mindfulness parenting? Yuk, kita simak lima kiat sukses di di bawah ini.

1. Mendengarkan curahan hati anak dengan penuh perhatian

Setiap anak tentu ingin mendapatkan perhatian dari orangtuanya. Salah satu bentuk perhatian orangtua kepada anak adalah mendengarkan curahan hati anak. Sebagai orangtua, belajarlah untuk meluangkan waktu untuk mendengarkan curahan hati anak. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman dengan orangtuanya karena merasa diperhatikan.

2. Mengembangkan kecerdasan emosional dalam diri sendiri dan anak-anak

Dalam mindfulness parenting, orangtua dituntut untuk mampu memiliki pengendalian emosi yang baik terhadap anak. Orangtua harus tahu bagaimana cara menegur anak jika salah dengan menggunakan tutur kata yang bijak. Dengan demikian, anak akan belajar mengembangkan kecerdasan emosional dari orangtuanya.

3. Tidak menyalahkan anak secara berlebihan ketika dia melakukan suatu kesalahan

Dalam mindfulness parenting, orangtua tidak boleh menyalahkan anak secara berlebihan apabila mereka melakukan kesalahan. Cobalah untuk mengkomunikasikan kepada anak apa yang menjadi ksesalahannya. Gunakan tutur kata yang sopan dan mudah dimengerti oleh anak. Anak akan merasa dihargai jika orangtuanya memberikan nasehat dengan bijak.

4. Mengajari anak untuk dapat mengatur emosi dalam dirinya

Orangtua perlu mengajarkan kepada anak bagaimana caranya mengatur emosi dalam dirinya. Anak-anak perlu diajarkan bagaimana cara mengontrol setiap emosi yang bergejolak dalam dirinya. Dalam hal ini, orangtua harus belajar untuk membuat anak mampu mengendalikan amarahnya. Perlahan-lahan, anak belajar untuk berperilaku baik dan tidak hanya menuruti emosi dalam dirinya.

5. Memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada anak

Orangtua harus memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada anak. Orangtua tidak hanya menuntut anak untuk menjadi seperti yang mereka inginkan. Namun, orangtua juga memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada anak. Dengan begitu, anak lebih mudah untuk dibentuk sejak diri karena merasakan kasih sayang dari orangtuanya.

          Itulah lima kiat sukses mendidik anak dengan metode mindfulness parenting. Tidak ada anak yang sulit diatur apabila kita mampu menerapkan metode pengasuhan yang tepat. Belajarlah untuk memahami kepribadian anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sehat secara mental. Happy Parenting!!!