Peluang usaha yang dapat dikerjakan di rumah selama pandemi Covid-19 akan menambah pundi-pundi pendapatan harian kamu. Jika dikerjakan secara sungguh-sungguh, usaha yang baru dirintis dapat berkembang besar di kemudian hari.

Kita tahu bahwa pandemi Covid-19 memberikan tekanan hebat pada perekonomian nasional. Aktivitas atau pertemuan fisik antarmanusia dibatasi demi memutus penyebaran mata rantai virus Corona.

Dampak terparah akibat pembatasan ini dirasakan oleh sektor pariwisata dan transportasi penerbangan. Kunjungan wisatawan menurun karena khawatir pada risiko penularan virus Corona. Sektor lainnya pin ikut terseret terkena dampaknya.

Cash flow perusahaan menjadi terganggu. Mereka terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya untuk mengurangi beban operasional.

Namun, pandemi Covid-19 juga memberikan peluang usaha baru. Beberapa sektor usaha justru mengalami pertumbuhan. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo dalam sebuah seminar LPS memaparkan data Perbanas tentang dampak Covid-19 terhadap sektor usaha.

Ada 4 sektor yang mengalami pertumbuhan atau berimbas positif selama pandemi Covid-19. Keempatnya adalah sektor pertanian, pendidikan, kesehatan dan informasi dan komunikasi.

Dari sini, kamu bisa mencoba beberapa peluang usaha untuk menambah kantong pendapatan. Berikut ulasan 5 peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah selama pandemi Covid-19.

1. Agen pulsa dan jasa konten kreatif

Selama pandemi, sejumlah karyawan mengerjakan tugas mereka di rumah (work from home/WFH) dengan memanfaatkan aplikasi rapat seperti Zoom, Google Meet dan sebagainya yang dilakukan melalui telepon pintar. Kegiatan sekolah dan perkuliahan juga beralih dari pertemuan tatap muka secara fisik menjadi virtual.

Alhasil, kebutuhan kuota internet meningkat tinggi. Kamu bisa mengambil peluang dari sini sebagai penjual pulsa atau paket data.

Selain WFH, peralihan ke digitalisasi pun tengah dilakukan UMKM. Pemerintah juga menargetkan 10 juta UMKM go digital sampai akhir tahun. Tentunya, pelaku UMKM membutuhkan jasa penyedia konten untuk mengisi platform mereka. Jasa penyedia konten ini bisa menjadi peluang lain untuk kamu jajaki.

Ilustrasi Kerja Online
Ilustrasi Kerja Online. (Foto: Pixabay)

2. Produksi dan penjualan masker

Masker sudah menjadi barang wajib bagi setiap orang ketika beraktivitas di luar rumah. Mengenakan masker termasuk bagian dari protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Masker kain pun diizinkan untuk dikenakan.

Karena itu, produksi masker kain menjadi peluang usaha lain yang bisa kamu coba kerjakan dari rumah. Menurut penelitian dari University of Cambridge dikutip dari Sehatq.com, kain berbahan serbet dan katun memiliki daya saring baik sehingga cocok untuk dicoba. Setelah itu, masker yang kamu produksi dapat dijual dengan membuka lapak di area rumah atau menjualnya secara online.

3. Jasa les privat

Kamu adalah seorang pekerja berpengalaman atau seorang mahasiswa? Cobalah untuk membagikan pengalaman dan keilmuan yang kamu miliki kepada siswa atau masyarakat yang membutuhkan pengetahuan baru.

Kamu tinggal mengemasnya menjadi penyedia jasa pengajar privat. Pelajar membutuhkan kamu untuk menyelesaikan tugas mereka.

4. Bertanam sayur-mayur di rumah

Bercocok tanam di rumah selama pandemi ternyata menjadi trend di tengah masyarakat. Mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran atau tanaman lain yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, seperti bunga anggrek.

Selain menambah keindahan rumah, kamu bisa menjual hasil tanaman kamu ke tetangga atau warga sekitar. Untuk jenis tanaman, pilihlah tanaman yang dicari banyak orang dan cepat dipanen misalnya, sayur kangkung dan sawi. Setidaknya ini cara kamu untuk mewujudkan program ketahanan pangan lokal.

5. Jasa antar jemput makanan

Kepala UKM Center UI, Zakir Machmud, dalam laporan Kontan.co.id mengatakan, sektor makanan, transportasi dan logistik memiliki peluang besar untuk berkembang selama pandemi.

Sebagaimana diketahui, orang-orang cenderung untuk tidak keluar rumah untuk mengambil pesanan makanan selama masa pandemi. Tentunya, jasa antar makanan bisa menjadi peluang yang dapat kamu tawarkan kepada konsumen. Tetapi, tetaplah untuk mematuhi protokol kesehatan supaya tubuh terhindar dari risiko penularan Covid-19.