Foto senator Bernie Sanders yang menghadiri upacara pelantikan Presiden Joe Biden menjadi viral di media sosial, 20 Januari 2021. Foto tersebut memperlihatkan dirinya duduk sendirian di kursi lipat dengan tangan dan kaki disilangkan untuk melindungi tubuhnya dari terpaan suhu dingin di sana.

Bernie Sanders juga terlihat mengenakan masker yang menutup area mulut dan hidunya. Foto tersebut kemudian diedit ulang oleh netizen untuk menghasilkan meme-meme lucu.

Sebagai contoh, Bernie Sanders tampak duduk di pelataran balkon di Barcelona. Kemudian, dia tiba-tiba berada di antara penumpang sekoci dalam film Titanic, bahkan masuk ke dalam serial kartun Blue’s Clues.

Viralnya foto Bernie Sanders memang terlihat tidak masuk akal karena sampai hari ini fotonya masih terus berkeliaran seolah justru dia bintang sesungguhnya dari acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih AS.

Selain karena pose duduknya, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan fotonya menjadi viral di media sosial.

1. Penampilan sederhana

Penampilan sederhana Bernie Sanders adalah salah satu alasan mengapa orang tertarik memperhatikan foto dirinya. Gaya berpakaiannya tampak kontras bila dibandingkan politisi lain yang hadir dengan busana glamour dalam upacara peresmian.

Bernie Sanders saat itu mengenakan sarung tangan rajutan ramah lingkungan, mantel dan masker medis yang menutupi sebagian area mulut dan hidung layaknya rakyat Amerika menghadapi musim dingin di tengah pandemi Covid-19.

Ia datang dengan filosofi berpakaiannya bahwa dalam musim dingin, orang-orang tidak memikirkan gaya berbusana selain menghangatkan badannya.

Konten kreator Alan Johnson kelihatan takjub saat memperhatikan mantel Bernie Sanders yang dipakainya di acara pelantikan Joe Biden sama seperti mantel yang dipakainya dalam video penggalangan dana pada Januari tahun lalu.

Sejak fotonya menjadi viral, orang mulai mencari model sarung tangan rajutan yang dipakainya. Untuk diketahui, Bernie Sanders mendapat sarung tangan rajutan ramah lingkungan itu dari seorang guru bernama Jen Ellis di Vermont, tempat Bernie Sanders juga bermukim.

Namun, Jen Ellis menulis di Twitter bahwa dia tidak lagi mempunyai sarung tangan rajutan untuk dijual.

“Terima kasih untuk semua minat pada sarung tangan Bernie! Ini benar-benar hari yang luar biasa dan bersejarah! Saya terharu ketika Bernie memakainya dalam acara pelantikan. Sayangnya, saya tidak mempunyai lagi sarung tangan untuk dijual. Tetapi ada banyak pengrajin hebat di ETSY yang membuat sarung tangan ini, “tulis Jen Ellis.

2. Ketokohan Bernie Sanders

Gaya berpakaian dan sarung tangan rajutan ramah lingkungan baru satu faktor yang menyebabkan foto Bernie Sanders menjadi viral.

Tentu akan muncul pertanyaan di benak masing-masing, semua orang bisa dan biasa berpakaian sederhana dan nyaman. Tetapi mengapa dia harus melakukannya di acara resmi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden?

Bernie Sanders tampaknya tidak memiliki ambisi apapun untuk menaikan citranya meski acara pelantikan sangat menyedot banyak pasang mata di dunia.

Foto Sanders yang viral itu adalah hasil jepretan fotografer Brendan Smialowski dari Agence France-Presse.

Dalam wawancaranya dengan Rolling Stone, Smialowski mengatakan bahwa dirinya sebenarnya memprioritaskan Senator Ted Cruz dan Josh Hawley untuk dipotret sehingga menyiapkan pengaturan kamera dan posisi yang cocok untuk mendapat bidikan maksimal dari keduanya.

Namun, karena dia melihat Sanders duduk dengan menjaga jarak sosial, dia pun menggeser lensa kameranya ke arah Sanders. Smialowski mengaku bukan penggemar Bernie Sanders. Saat itu dia hanya mengambil dua foto dari Sanders yang menurutnya, secara komposisi, tidak bagus.

Baca juga: Apa Itu Gentrifikasi dan Bagaimana Ia Bisa Mengubah Yogyakarta?

Meski menurut Smialowski foto Sanders terlihat buruk secara teknikal, tetapi dia telah mempersembahkan konten yang menarik perhatian banyak orang.

Perhatian orang terhadap Sanders selama ini lantaran dirinya merupakan seorang sosialis dan aktivis progresif yang kerap berbicara tentang pentingnya perubahan iklim dan kesejahteraan pekerja.

Dia sebelumnya masuk dalam konveksi Calon Presiden AS 2020 dari Partai Demokrat sebelum akhirnya kalah dari Joe Biden.

Dengan pelbagai pandangan politik di AS, kelakuan dan penampilan Sanders dalam foto tersebut tentu memancing teman dan lawannya untuk berkomentar sehingga berhasil mempertahankan popularitas Bernie Sanders dalam percakapan di media sosial.

“Bernie berpakaian seperti ini dalam acara pelantikan sebagaimana ada dalam tugasnya hari ini, tetapi tidak sepanjang hari,” tulis @MsReeezy.

Pengguna lain menanggapi foto Bernie Sanders itu dengan berkata bahwa sebagai seorang sosialis, Sanders harus mempunyai jaket lain untuk dibagikan dengan orang lain.

Menanggapi fotonya yang viral, Sanders sempat bercanda dengan wartawan Garrett Haake dari NBC News bahwa foto-fotonya membuat orang menyadari “Kami membuat sarung tangan dan mantel bagus di Vermont.”

Tim Sanders pun memanfaatkan momentum ini untuk menggalang kerja amal. Sweater abu-abu yang memperlihatkan foto viral Sanders dijual dengan harga 45 USD secara online di toko kampanyenya dan mendapat permintaan tinggi.

Hasil penjualan akan disumbangkan kepada Meals on Wheels Vermont, sebuah organisasi independent yang mengurus keperluan para lansi kurang mampu untuk bisa memperoleh kebutuhan makan dan pokok lainnya.

Baca juga: Lima Kiat Sukses Mendidik Anak dengan Mindfulness Parenting