Indoneside – Dunia meme tidak pernah ada habisnya. Kali ini, konten deep fake video menjadi buruan para pembuat meme. Salah satu meme deep fake video yang sukses mencuri perhatian netizen pada bulan ini adalah Deep fake meme lagu Bakamitai (I’ve been a fool).

 

Bakamitai adalah lagu karaoke yang muncul di dalam video game Yakuza 0, Yakuza 5, dan Yakuza: Like a Dragon. Lagu ini dinyanyikan oleh Kazuma Kiryu, Shun Akiyama, Taiga Saejima dan Yu Namba.

 

 

Yakuza sendiri adalah game petualangan yang dikembangan oleh Sega. Budaya pop mengenal game tersebut dengan tokoh utama yaitu Kazuma Kirya dan Goro Majima. Di dalam plot game Yakuza 0 dan 5, terdapat scene dimana Kasuma Kiryu sedang berkaraoke dan menyanyikan lagu Baka Miratai.

 

 

Dalam budaya meme, lagu Baka Mitai juga sering dikenal dengan nama Dame da ne (it’s no use, no use, no use at all). Dame da ne adalah bagian reff lagu yang sering menjadi target pembuatan meme deep fake video oleh para pembuat konten.

Deep fake video adalah sebuah teknologi, dimana pembuat meme memiliki kesempatan untuk memanipulasi gambar dari sebuah video. Teknologi tersebut memungkin gambar dalam sebuah video mampu menggerakkan mulut objek agar terlihat seperti sedang menyanyikan sebuah lagu.

Video meme tersebut dibuat dalam sebuah frame yang berisi banyak tokoh meme legendaris yang bernyanyi bersama. Hal ini mirip sekali dengan tampilan video conference di dalam aplikasi zoom. Dalam budaya meme juga, musik baka mitai/dame da ne juga dikaitkan dengan konten meme yang menggambarkan seseorang yang sedang ditimpa sial atau bersedih.

 

Baka mitai adalah musik yang bercorak genre karaoke jepang klasik pada tahun 80-an. Corak ini juga semakin viral di media sosial setelah youtube sering kali merekomendasikan berbagai lagu city pop Jepang 1980 an seperti lagu-lagu Tatsuro Yamashita, Mariya Takeuchi, hinnga Anri.

 

Viralnya meme tersebut tidak hadir begitu saja. Pada tahun 2018, sebuah channel Youtube bernama Baku Haku mengupload  sebuah video singkat berdurasi 18 detik. Di dalam video tersebut, tokoh utama game Yakuza yang bernama Kazuma Kiryu, ditampar oleh kekasihnya. Video tersebut viral dan mendapatkan 200 ribu penonton.