Indoneside – Isu viral perihal cara memasak nasi yang benar meramaikan timeline Twitter pada bulan Juli ini. Salah satu komedian Asia-Amerika bernama Jenny Yang menge-tweet sebuah konten kritik “penistaan” terhadap cara memasak nasi yang dilakukan oleh BBC Food pada tanggal 23 Juli 2020.

Yang mengupload beberapa bagian video yang dibuat oleh Komedian Malaysia, Nigel Ng dalam channel Youtubenya. Tweet tersebut terbilang sangat viral. Per tanggal 29 Juli 2020, kicauan yang telah menghasilkan 110.500 retweet dan 341 ribu likes.

Sedangkan salah satu netizen yang kontra terhadap kritik Nigel menyatakan bahwa orang barat baru-baru ini mengenal nasi dan cara memasaknya. “Kami baru mengenal nasi karena kami tidak makan apa-apa selain kentang rebus, kol, dan mamalia kecil selama 500.000 tahun. Inilah yang Anda dapatkan ketika Anda lebih fokus pada kolonialisme dan meracuni dunia dengan ideologi supremasi kulit putih daripada makanan,” ujar Ellen Cavanagh dalam menggunakan akun @ecavanagh

Sedangkan salah satu netizen yang bernama Maman menyatakan bahwa tidak seharusnya BBC Food menayangkan konten yang tidak benar. ” Mereka (BBC Food) seharusnya mengajar orang bagaimana cara memasak yang benar,” ujarnya menggunakan akun @maman888.

Nigel Ng baru-baru membuat video reaction atas konten yang dibuat BBC Food. BBC Food melalui pembawa acaranya. Hersha Patel membuat tutorial cara membuat nasi goreng telor orak-arik.

Pada tanggal 8 Juli, Nigel yang sering membuat konten dengan alter egonya, Uncle Roger mer-react video yang dibuat oleh BBC Food. Video viral tersebut telah ditonton oleh 6,7 juta penonton di seluruh dunia dan mendapatkan 33 ribu komentar.

Rata-rata netizen Asia sepakat dengan kritik yang dilontarkan oleh Uncle Roger. Hersha dianggap melakukan “penistaan” terhadap nasi. Banyak langkah memasak nasi yang keluar dari kaidah-kaidah cara memasak nasi yang normal di Asia.

Contohnya, Hersha sama sekali tidak mencuci beras yang akan ia masak. Hal ini adalah masalah bagi netizen Asia. Menurut mereka, sebelum memasak harusnya beras dicuci terlebih dahulu agar bersih.

Selanjutnya, Uncle Roger mengkritik cara Hersha dalam mengukur air takaran untuk memasak nasi. Hersha menggunakan segelas air untuk merendam beras. Sedangkan Uncle Roger, Hersha seharusnya menyiram beras dengan air dan mengukurnya menggunakan bagian ujung jari telunjuk.

Emosi Uncle Roger memuncak setelah melihat Hersha mencuci nasi yang baru matang menggunakan air dan menyaringnya.  Langkah tersebut tentu dianggap aneh bagi Uncle Roger. Seharunya, nasi yang telah dimasak hingga matang bisa dimakan langsung tanpa harus dicuci.

Rekonsiliasi Hersha-Nigel

Akun Twitter Hersha Patel (@hershapatel1) mengupload sebuah video. Video tersebut berisi pertemuannya dengan Nigel. Hersha akan tampil dalam video Uncle Roger terbaru untuk membuktikan bahwa ia bisa memasak nasi dengan benar.

Menarik untuk mengetahui lebih lanjut, apakah benar Hersha bisa memasak nasi dengan cara Asia yang benar? atau ia akan kembali melakukan penistaan terhadap nasi