Setelah beberapa waktu rutin berolahraga, ada kalanya semangat menjadi luntur untuk melanjutkannya. Hal ini wajar mengingat tidak semua orang memiliki motivasi serta niat yang sama.

Tetapi, rutin berolahraga sejak dini merupakan investasi masa mendatang. Bagi para atlet, tentunya mereka telah mencintai olahraga yang mereka tekuni.

Motivasi atlet adalah penghargaan dan prestasi. Apakah kamu perlu menjadi seperti mereka agar rutin berolahraga? Tentu saja tidak.

Berolahraga bukan untuk mendapatkan pengakuan. Berolahraga bukan pula sekadar untuk membentuk badan ideal.

Inilah pola pikir yang harus diubah. Memiliki tubuh yang sehat serta bugar adalah bentuk kepedulian terhadap diri sendiri.

Berikut 5 tips membangun niat dan semangat kamu agar rutin berolahraga.

1. Selalu ingat pada motivasi dan goals mu

Motivasi bisa dikatakan sebagai fondasi dasar kamu dalam memulai olahraga. Motivasi yang kuat tentunya membentuk niat yang kuat pula.

Ketika kamu mulai malas dalam melanjutkan olahraga, selalu ingat pada motivasi serta goals (target atau tujuan) kamu.

Selalu ingatkan dirimu untuk jangan berhenti dengan apa yang telah kamu mulai. Kamu juga bisa meminta dukungan dari orang-orang terdekatmu agar kamu semakin termotivasi dalam berolahraga dan mencapai tujuanmu.

2. Jadikan olahraga sebagai suatu kebutuhan, bukan kewajiban

Menjadikan olahraga sebagai suatu kebutuhan akan mendorong semangat kamu agar rutin berolahraga. Layaknya makanan yang kita butuhkan untuk menyokong hidup, begitu pula dengan olahraga yang kita butuhkan untuk kebugaran tubuh.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa olahraga tidak hanya untuk membentuk tubuh ideal. Selain sebagai investasi kesehatan di masa mendatang, berolahraga juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mental, loh!

Dikutip dari Tirto.id, hasil penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry pada 2017, menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mencegah depresi dengan kecenderungan sebesar 12 persen. Penelitian ini membuktikan bahwa dengan aktif berolahraga, kamu dapat mengatasi masalah dengan baik.

3. Buatlah catatan perkembangan hasil olahraga dan jadwal latihan

Sekecil apapun perkembangan olahragamu, catatlah itu. Dengan melihat catatan perkembangan olahraga secara bertahap, kamu akan semakin semangat untuk mencapai target dan melanjutkan olahraga.

Selain itu, hal ini juga dapat memotivasi orang-orang di sekitar kamu untuk berolahraga. Membuat jadwal latihan rutin melatih kamu untuk disiplin melaksanakan olahraga.

Jadwal latihan rutin merupakan alarm bagi kamu agar tidak lupa dalam melaksanakan olahraga.

Menurut rekomendasi WHO, disarankan melakukan kegiatan olah fisik ini dengan aktifitas sedang selama 150 menit per minggu dan 75 menit untuk olahraga berat.

4. Jadikan olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan

Jika kamu masih menganggap bahwa olahraga adalah aktivitas yang membosankan, ini berarti kamu belum menemukan cara menariknya.

Hal menarik seperti apa yang bisa kamu lakukan? Mendengarkan playlist musik favorit sembari berolahraga adalah salah satunya.

Kamu juga bisa mengajak keluarga atau teman-teman kamu untuk berolahraga bersama agar tidak merasa suntuk atau bosan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan variasi latihan, misalnya pada hari-hari tertentu kamu melakukan olahraga di rumah. Lalu hari lainnya kamu berlatih di tempat gym atau di taman dekat lingkungan rumah kamu.

5. Tentukan influencer olahraga favorit

Dewasa ini, media sosial tidak hanya digunakan untuk membagi serta mencari informasi. Semakin berkembang serta beragamnya platform media sosial, maka semakin bertambahnya fungsi media sosial itu sendiri.

Tidak sedikit pula media sosial menghasilkan orang-orang terkenal yang mampu mempengaruhi netizen dalam mengikuti tren kekinian; merekalah yang dinamakan influencer. Influencer sendiri memiliki tema konten yang berbeda-beda.

Ada yang bergerak dalam bidang kecantikan, fotografi, kreatif, termasuk olahraga. Dengan menyaksikan aktifitas influencer olahraga favorit kamu sehari-hari, motivasi serta semangat kamu kian terpacu.

Goals yang telah mereka raih memberikan pengaruh positif kepada kita untuk bisa mencapai hal yang sama. ‘Jika dia bisa, mengapa saya tidak?’ inilah salah satu ungkapan motivasi yang muncul setelah melihat postingan sang influencer.

Itulah lima cara membakar semangat agar kamu mencintai olahraga dan rutin melakukannya. Tidak ada kata terlambat untuk memulai olahraga. Kamu juga tidak perlu melakukan olahraga berat agar bisa segera mencapai target.

Mulailah secara perlahan, maka kamu bisa berkomitmen untuk rutin berolahraga. Salam sehat, selamat berolahraga!